Halaman

Jumat, 08 Februari 2013

Indikator Asam-Basa dari Bahan-Bahan Alami


Setiap zat atau senyawa mempunyai sifat asam ,basa atau netral. Kita dapat menentukan apakah zat atau senyawa itu asam, basa atau netral dengan menggunakan indikator. Indikator ini dapat berupa indikator universal atau lakmus biru - lakmus merah yang dibuat di laboratorium, atau juga dapat menggunakan indikator asam-basa dengan bahan dari alam.Indikator asam-basa alami menggunakan bahan-bahan dari alam seperti bunga sepatu, bunga mawar, kunyit dan beberapa jenis tumbuhan lainnya. Indikator asam-basa  yang baik adalah zat  warna  yang  memberi  warna  berbeda  dalam  larutan  asam  dan  larutan  basa.
Teori asam basa juga mengalami beberapa pengembangan. Asam dinyatakan merupakan suatu senyawa yang memiliki pH lebih kecil dari 7. <7 merupakan pH netral dari reaksi Description: Description: http://dc145.4shared.com/doc/41nf1viA/preview_html_7c87a74b.gif>. Sedangkan basa adalah senyawa yang memiliki pH lebih besar dari 7. Batas maksimum pH suatu senyawa adalah 14. Dari hal tersebut kita dapat menuliskan bahwa pH + pOH = 14. Menurut Arrhenius, asam merupakan zat yang menghasilkan ion hidrogen dalam larutan. Sedangkan basa sukar larut dalam air karena basa memiliki ion hidroksida. Suatu asam dikatakan hipotetis apabila asam tersebut tidak stabil sehingga segera terurai menjadi zat lain.
Description: Description: http://dc145.4shared.com/doc/41nf1viA/preview_html_m68cfba94.pngTeori Arrhenius masih memiliki kelemahan, bahwa tidak semua reaksi asam harus berlangsung dalam larutan. Kemudian Bronsted-Lowry mendefinisikan asam dan basa dengan mengatakan bahwa asam merupakan donor proton sedangkan basa merupakan akseptor proton. Menurut Bronsted-Lowry, asam dan basa ini akan menghasilkan suatu pasangan konjugasi, yaitu suatu pasangan ketika asam melepaskan ion H+ nya kepada basa atau akseptor.
Untuk melengkapi teori-teori diatas, Lewis juga mengemukakan bahwa asam dan basa merupakan perpindahan electron dari suatu senyawa ke senyawa lainnya. Asam berperilaku sebagai akseptor pasangan elektron sedangkan basa sebagai donor pasangan elektron.
Tetapi kita tidak dapat mengenali semua jenis asam basa hanya dengan melihatnya. Sebagai contoh, Asam Klorida (HCl) yang berwarna bening. Kita tidak dapat langsung mengenali senyawa tersebut merupakan jenis asam atau basa. Untuk tujuan itulah digunakan suatu indikator. Indikator yang sering kita temui adalah kertas lakmus seperti lakmus merah dan lakmus biru. Lakmus ini merupakan salah satu indikator yang dapat digunakan untuk menentukan keasaman maupun basa nya suatu senyawa.
Indikator lainnya yang biasa dipakai adalah indikator universal. Indikator Universal adalah indikator pH yang merupakan campuran berbagai senyawa yang dapat menjangkau pH dari range 1 sampai 14. Indikator Universal biasanya merupakan campuran dari air, methanol, fenolftalein, methyl merah, dan bromtimol biru.

Description: Description: http://dc145.4shared.com/doc/41nf1viA/preview_html_44d2c1e0.jpg

Berdasarkan percobaan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk pH 0-3 menghasilkan warna merah, 3-6 menghasilkan warna oranye/ungu, 7 menghasilkan warna hijau, 8-11 menghasilkan warna biru, dan 11-14 menghasilkan warna biru kekuningan sampai kuning.
Walau demikian, warna yang diberikan tentunya memiliki jangkauan yang terbatas. Batas-batas pH ketika indikator mengalami perubahan warna disebut trayek perubahan warna indikator tersebut.
Yang menyebabkan tanaman dapat digunakan sebagai indikator alami adalah karena molekul antosianin yang terdapat didalam tumbuhan dapat menghasilkan warna yang berbeda pada suasana asam maupun basa. Sebagai contoh, dari tabel diatas kita dapat menyatakan bahwa larutan bersifat asam kuat ketika warna indikatornya menjadi merah dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar